Selasa, 28 Oktober 2008

Hardisk Rusak, Coba ini.....

Pernahkah anda mengalami masalah dengan hardisk anda?. Harddisk yang tadinya 80gb tiba2 hanya terdetek 40gb. Atau bahkan tidak dapat diakses samasekali, alias sewaktu mau mengakses muncul pesan error "access denied" terus tuh harddisk minta diformat...Hal seperti ini bisa saja terjadi dikarena ada arus listrik yang bermasalah atau hardisknya mengalami getaran (kepentok, jatuh, dsb).Jangan panik, bagaimana kalo kita coba cara2 berikut ini :
1. Cari tools manager, sesuaikan dengan produk hardisknya. Misal hardisk kita produk dari seagate atau maxtor, kita bisa mencari toolsnya dari situs resminya yaitu
seagate . download toolsnya dari situs tersebut, kebetulan penulis menggunakan Seatools tipe DOS.2. Burning ke cd, gunakan booting menggunakan tools yang telah didownload.3. Silahkan ikuti petunjuk yang muncul pada aplikasi atau bisa juga membaca petunjuknya di sini4. Setelah selesai didiagnostic, restart dan booting kembali ke OS.5. Pastikan tidak ada jumper dihardisk.6. Jika ada kabel data cadangan, sebaiknya kabel datanya diganti juga.7. Masuk ke safe mode.8. Klik kanan pada drive, masuk ke security. Tambahkan user kita untuk mengakses drive tersebut (ini dilakukan jika kita tidak dapat mengakses hardisk tersebut).
Dengan melakukan langkah2 tersebut diatas, insyallah hardisk kita akan kembali seperti semula. Untuk lebih aman sebaiknya datanya dibackup, kemudian diformat ulang tuh harddisk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar